Merangkum dan Merespon Materi Design Thinking

 Merangkum Materi Design Thinking by Gavin Amborse

Minggu, 10 Oktober 2023

Materi 

Buku dari Gaving Amborse ini merupakan buku yang berisikan berbagai aspek pemikiran desain melalui dedikasi yang dimana setiap bab nya memberikan banyak contoh studio desain kontenporer termuka. 

Didalam buku ini menjelasakan bahwa desain merupakan proses yang mengubah ringkasan atau persyaratan menjadi sebuah produk atau solusi desain. 

Menurut Gavin Amborse, Tahap desain terdiri dari : Mengdefinisikan, meneliti, mengidealkan, prototipe, pilih, terapkan dan pelajari. Proses desain membantu memastikan bahwa suatu desain memenuhi semua pertimbangkan tersebut. Proses mencari untuk menghasilkan sejumlah solusi yang mungkin dan memanfaatkan berbagai solusi teknik atau mekanisme yang mendorong peserta untuk berpikir di luar kotak dalam mengejar solusi kreatif atau inovatif.

Define yang berarti Mendefinisikan, menurut di dalam buku ini define merupakan sebuah pertanyaan untuk menemukan suatu permasalahan atau dikatakan menetapkan masalah. semua masalah di buat dengan ringkasan untuk memudahkan membaca suatu permasalahan atau bisa di katakan brief. Brief atau ringkasan masalah itu terdiri dari 5 w + 1h yaitu what, where, why, who, when dan how. 

1 Siapa klien dan target audiensnya? (ukuran, sifat, karakteristik) 2 Solusi desain apa yang dimiliki klien berfikir tentang? (cetak, web, video) 3 Kapan desain tersebut dibutuhkan dan untuk apa berapa lama? (skala waktu proyek) 4 Dimana desain tersebut akan digunakan? (media, lokasi, negara) 5 Mengapa klien memikirkan suatu desain solusi yang diperlukan? + Bagaimana solusinya diimplementasikan? (anggaran, distribusi, kampanye)

Tahap selanjutnya adalah Research yang berarti riset, jika semua brief atau ringkasan nya di setujui maka tahap selanjutnya riset. riset dengan metode pengumulan data ada untuk menghasilkan informasi kualitatif dan kuantatif. riset berguna untuk mengidentifikasi, menentukan serta membedah sikap khalayak sasaran pasar. memahami pemahaman pendekatan desain yang di rancang, serta riset juga berguna untuk meriset target audience pada pasar.

Idea yang berarti ide, tahapan selanjutnya setelah riset Menciptakan solusi Potensial. Tim desain memanfaatkan penelitian yang di kumpulkan dan batasan yang ditetapkan selama tahap penentuan. Informasi ini digunakan untuk menciptakan ide ide yang dapat di gunakan untuk meringkas desain. Desainer membagi beberapa pembuatan ide : bertukar pikiran, membuat sketsa ide, mengadaptasi desain yang telah dicoba dan di uji mengambil pendekatan analisi top dan down yang berfokus pada produk, layanan atau perusahaan.

Tahap selanjutnya adalah prototipe atau berarti menyelesaikan solusi, Prototipe dapat digunakan untuk menguji kelayakan teknis dari suatu ide desain jika itu berfungsi sebagai objek fisik. Kemasan baru atau ide presentasi biasanya memerlukan pengembangan prototipe. Sebuah prototipe juga dapat menguji visualnya aspek desain dengan menyajikannya sebagaimana akan diproduksi. Ini juga memberikan kesempatan untuk menguji, jika relevan, suatu desain dalam tiga dimensi. Sebuah prototipe memberi tim desain dan klien kemampuan untuk memvisualisasikan dan menangani sebuah konsep desain, untuk mendapatkan gambaran tentang kehadiran fisik dan kualitas sentuhannya. Karena prototipe bertujuan untuk menguji aspek-aspek tertentu dari solusi desain, maka prototipe harus diuji harus dibuat sedemikian rupa sehingga aspek-aspek tersebut ada dan dapat dievaluasi secara efektif.

Select atau berarti pilih/pemilihan. Tahap pemilihan adalah titik dimana salah satu solusi desain diusulkan dipilih untuk dikembangkan. Kriteria pengambilan keputusan utama adalah kesesuaian dengan tujuan: apakah desain tersebut memenuhi kebutuhan dan tujuan ringkasan, dan apakah akan efektif berkomunikasi dengan khalayak sasaran untuk mencapai tujuan tersebut? Desain pemenang biasanya merupakan hal yang paling sesuai dengan ringkasan desain, atau bagian penting itu.

Tahap selanjutnya adalah Implement atau berarti implementasi. Pada tahap ini, desainer melewati karya seni desain dan formatnya spesifikasi kepada mereka yang akan memasok produk akhir. Ini mungkin saja printer, pembuat web, atau fabrikator. Momen ini memberikan peluang bagus untuk mengkonfirmasi spesifikasi produksi seperti jumlah cetak dan apa yang Anda berharap untuk menerima. Misalnya, printer biasanya diberi kelonggaran memperhitungkan pengaturan dalam berbagai langkah proses pencetakan. Tim desain biasanya menyediakan manajemen proyek selama tahap ini, untuk memastikan bahwa hasil akhir memenuhi harapan desain, dan untuk menjaga proyek sesuai anggaran dan tepat waktu. Pembuktian mungkin diperlukan selama implementasi jika ada pekerjaan pencetakan yang terlibat. Ini akan memastikan bahwa apa yang dicetak adalah benar cerminan akurat dari karya seni yang disediakan. Untuk website dan elektronik lainnya media, proofing berarti menguji fungsionalitas serta tampilan visual. Tahap ini diakhiri dengan penyerahan akhir pekerjaan yang telah selesai kepada klien.

Learn atau berarti belajar. Mendapatkan umpan balik. Tahap terakhir dalam proses ini melibatkan pembelajaran dari apa yang telah terjadi sepanjang proses desain. Ini adalah tahap umpan balik di mana klien dan agensi desain mungkin berusaha mengidentifikasi apa yang berhasil dan dimana masih ada ruang untuk perbaikan. Meskipun tahap pembelajaran tampaknya merupakan tahap terakhir dari tujuh tahap yang telah di terangkan dalam buku atau materi ini, itu benar-benar terjadi selama proses desain. Pada setiap tahap yang harus Anda ambil informasi tentang di mana Anda berada, ke mana tujuan Anda, apa yang berhasil dan apa yang tidak. Kemampuan belajar dari setiap tahapan akan meningkatkan perkembangan desain berpikir, dan akan membantu menghasilkan desain yang radikal dan sukses.

Buku dari Gavin Amborse menjelaskan beberapa identifikasi tahap desain yang di lakukan nya dan dengan beberapa contoh dan penjelasan.

Mengidentifikasi pengemudi Tahap penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pendorong yang merangsang kelompok sasaran untuk melakukan hal tersebut bertindak berdasarkan desain dan hambatan yang bisa menghambat keberhasilan suatu desain.

Pengemudi, Penggerak adalah pengetahuan dan kondisi yang mengawali dan mendukung aktivitas untuk tujuan apa desain itu dibuat. Pengetahuan dan kondisi dapat mencakup hal tersebut kerangka acuan sebagai kekuatan pasar, mode dan tren musik saat itu. Dengan mengidentifikasi pendorong ini, tim desain akan mendapat apresiasi rangsangan yang dapat diterima oleh manusia.

Hambatan Hambatan perlu diidentifikasi selama tahap penelitian untuk mencegah pekerjaan dari dilakukan ke arah yang kecil kemungkinannya untuk dilaksanakan karena alasan teknis, hukum atau pasar. Hambatan dapat berupa peraturan dan hukum tentang apa kemasan produk bisa dan tidak bisa ditampilkan, misalnya. Hambatan teknis mungkin saja terjadi mencakup sistem standar yang ada di berbagai negara. Ukuran dari amplop yang lebih disukai oleh perusahaan pos, misalnya, dapat mempengaruhi format surat massal.

Pengumpulan informasi Saat melakukan penelitian, informasi dapat digolongkan menjadi dua kategori: kuantitatif dan kualitatif. Ini membantu menentukan ukuran pasar sasaran dan target pasarnya karakteristik.

Kualitatif

Kuantitatif

Survei

Target grup Tahap penelitian mengidentifikasi dan menyediakan klasifikasi dasar ke yang berbeda kelompok konsumen atau pengguna pada suatu sektor dan karakteristiknya.

Profile karakter

Riset kedua

Dan riset terakhir

Sampel dan umpan balik Memahami motivasi, perilaku dan aspirasi target kelompok sering kali melibatkan studi rinci tentang hal itu kelompok. Karena tidak mungkin untuk melakukan kuis setiap anggota populasi sasaran, sampel kelompok biasanya ditentukan.

Sample

Masukan

Kelompokkan dan pilih, putuskan ide mana yang akan dikembangkan

Metode penilaian

Arah desain dasar Dimulai dari suatu titik tertentu (sering kali desain produk yang ada atau produk pesaing, merek atau organisasi), desainer bisa berpikir dalam 'arah' tertentu untuk melakukannya menghasilkan ide-ide baru dari desain yang sudah ada.

Divergen

Konvergen

Transformasi

Masih banyak lagi poin poin yang di jelaskan di dalam materi Garvin Amborse. Yang pada inti nya mengenai design thinking dan tahapan tahapan dalam mendesain. Desain desain yang sudah saya buat tentu saja memakai tahapan tahapan design thinking beberapa, serta menyadari bahwasannya design thinking merupakan penting didalam desainer. Untuk mempermudah dalam menentukan menyelesaikan dan membuat sebuah desain dari permasalahan yang ada.

Di dalam materi yang di berikan oleh Dosen Mata kuliah Logika Berpikir Desain berisi berpikir divergen dan konvergen berpikir divergen yaitu berpikir bebas , menyebar, mengekplorasi ide sebanyak mungkin. Berpikir konvergen yaitu berfpikir sistematis,fokus dan menimbang ide yang paling efektif dan efesien.

Sebagai sebuah proses, secara umum merancang meliputi lima tahapan (Choudary, 2019):

Emphatize—memahami apa yang dialami dan diharapkan oleh pengguna (melalui observasi, interaksi, dan “menceburkan” diri ke situasi pengguna);

Define—mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah berdasarkan sudut pandang

pengguna;

Ideate—mengeksplorasi ide‐ide/kemungkinan solusi yang dapat diambil;

Prototype—membuat purwarupa rancangan;

Test—menguji coba rancangan untuk melihat bagaimana ia bekerja dan untuk menghimpun umpan balik.

Adapun menurut Ambrose & Harris (2010: 11), merancang meliputi tujuh tahapan:

 

Define—mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah yang coba diselesaikan dengan rancangan;

Research—mengumpulkan data, informasi, terkait masalah yang dihadapi;

Ideate—memunculkan ide‐ide;

Prototype—membuat purwarupa rancangan;

Select—memiliki satu dari beberapa opsi solusi/purwarupa;

Implement—menerapkan rancangan pada permasalahan riil;

Learn—melakukan refleksi dan mengambil pelajaran dari proses perancangan yang telah dilakukan.

Kesimpulan :

Dengan mempelajari tahapan tahapan desain dengan berpikir secara divergen atau konvergen tentu saja dapat mempermudah dalam menyelesaikan merancang serta menentukan desain dari suatu permasalahan dengan tahapan tahapan yang tertulis pada buku Gaving Amborse dan materi yang di kirimkan dosen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latar Belakang Artikel Mengkaji Karya Karikatur Realis “Ganjar Bersepada” menggunakan Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure

Bagaimanakah Proses Berdiksi dalam Sebuah Desain

ANIMASI INDONESIA : ADIT & SOPO JARWO